Bagaimanakah transmisi motor bekerja ??? Transmisi yang digunakan di motor berjenis slidingmesh. Sesuai dengan namanya cara kerja dari transmisi ini yaitu bergeser. Apa yang bergeser ? Tentu saja roda gigi yang dipilih. Berbeda dengan jenis transmisi yang digunakan oleh mobil yang berjenis syncromesh (lebih jelas mengenai transmisi mobil dibahan di thread Pa Bapuks http://www.otomotifnet.com/otoforum/...ead.php?t=1293). Alasan digunakan jenis slidingmesh, karena konstruksi yang sederhana sehingga tidak menyita tempat yang luas Sebelum membahas cara kerjanya kita perhatikan dulu komponen-komponen yang digunakan. Gambar di atas adalah transmisi shogun 125. 1 SHAFT, COUNTER (NT:11) 2 GEAR, 2ND DRIVE (NT:14) 3 GEAR, 3RD DRIVE (NT:17) 4 GEAR, 4TH DRIVE (NT:19) 5 WASHER, 2ND DRIVE 6 BEARING, COUNTER LH 7 CIRCLIP, 3RD DRIVE 8 BEARING, COUNTER RH 9 SHAFT, DRIVE (NT:25) 10 GEAR, 1ST DRIVEN (NT:32) 11 GEAR, 3RD DRIVEN (NT:22) 12 GEAR, 4TH DRIVEN (NT:20) 13 WASHER, 1ST DRIVEN 14 BEARING, DRIVE SHAFT LH 15 BEARING, DRIVE SHAFT RH 16 SEAL, DRIVE SHAFT 17 CIRCLIP, 4TH DRIVEN 18 RETAINER, COUNTERSHAFT BRG 19 SCREW, COUNTER SHAFT 20 SPROCKET, ENGINE (NT:14) 21 PLATE, ENGINE SPROCKET 22 CHAIN ASSY, DRIVE (RK-428) 23 BOLT, ENGINE SPROCKET 24 PLATE, ROTARY STOP 25 WASHER, ROTARY WAVE 26 CIRCLIP Dalam transmisi jenis ini ada roda gigi yang dapat bergeser (no.11 dan no.4). Roda gigi ini ikut berputar dengan porosnya. Dan tidak dapat bergeser (no. 1,2,3,10,12 dan 9).Yang tidak dapat bergerak dibagi menjadi dua lagi; yang ikut berputar dengan porosnya (no. 1, dan 9) dan yang tidak ikut berputar dengan porosnya. Supaya roda gigi dapat meneruskan putaran dari poros input ke poros output, maka ketika bergeser dan menempel pada roda gigi pasangan dibentuk sedemikian rupa suatu tonjolan dan lubang tempat tonjolan yang disebut dog-teeth dan dog-hole supaya kedua roda gigi tersebut dapat berputar bersama-sama. Cara kerja : Netral GIGI #1 Roda gigi no. 11 bergeser ke roda gigi no. 10 GIGI #2 Roda gigi no. 4 bergeser ke roda gigi no. 2 GIGI #3 Roda gigi no. 4 bergeser ke roda gigi no.3 GIGI #4 Roda gigi no. 11 ke no.12 Untuk menggerakan roda gigi maju dan mundur dibuat suatu sistem GEAR SHIFTING Contoh milik shogun 125 sp 1 FORK, GEAR SHIFT NO.1 2 FORK, GEAR SHIFT NO.2 3 SHAFT, SHIFT FORK NO.1 4 SHAFT, SHIFT FORK NO.2 5 CAM, GEAR SHIFT 6 SPACER, GEAR SHIFT CAM 7 PLATE, GEAR SHIFT 8 STOPPER, SHIFT CAM PIN 9 SPACER, PIN STOPPER 10 PIN, CAM STOPPER (3X9.8) 11 BOLT, SHIFT CAM PIN 12 SCREW, GEAR SHIFT CAM 13 BEARING, GEAR SHIFT CAM 14 STOPPER, SHIFT CAM 15 SPRING. SHIFT CAM 16 BOLT, SHIFT CAM (6X14.3) 17 WASHER, SHIFT CAM 18 ARM, GEAR SHIFT 19 SPRING, SHIFT PAWL 20 SPRING, SHIFT ARM RETURN 21 SHAFT, GEAR SHIFT 22 STOPPER, SHIFT ARM 23 SPACER, SHIFT ARM (12X16X20) 24 SEAL, SHIFT SHAFT OIL 25 WASHER, SHIFT SHAFT 26 LEVER ASSY, GEAR SHIFT 27 BOLT, SHIFT LEVER 28 BASE ASSY, GEAR SHIFT 29 CONTACT, GEAR POSITION 30 O RING, GEAR SHIFT (D:2.5,ID:21.0) 31 SPRING, GEAR SHIFT 32 SCREW, GEAR SHIFT Yang ini milik Kharisma Semoga bermanfaat | ||||||||
Sabtu, 03 April 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar