Sabtu, 03 April 2010

Bagaimanakah transmisi motor bekerja ???

Transmisi yang digunakan di motor berjenis slidingmesh. Sesuai dengan namanya cara kerja dari transmisi
ini yaitu bergeser. Apa yang bergeser ? Tentu saja roda gigi yang dipilih. Berbeda dengan jenis transmisi
yang digunakan oleh mobil yang berjenis syncromesh (lebih jelas mengenai transmisi mobil dibahan di thread
Pa Bapuks http://www.otomotifnet.com/otoforum/...ead.php?t=1293).
Alasan digunakan jenis slidingmesh, karena konstruksi yang sederhana sehingga tidak menyita tempat yang luas


Sebelum membahas cara kerjanya kita perhatikan dulu komponen-komponen yang digunakan.






Gambar di atas adalah transmisi shogun 125.



1 SHAFT, COUNTER (NT:11)
2 GEAR, 2ND DRIVE (NT:14)
3 GEAR, 3RD DRIVE (NT:17)
4 GEAR, 4TH DRIVE (NT:19)
5 WASHER, 2ND DRIVE
6 BEARING, COUNTER LH
7 CIRCLIP, 3RD DRIVE
8 BEARING, COUNTER RH
9 SHAFT, DRIVE (NT:25)
10 GEAR, 1ST DRIVEN (NT:32)
11 GEAR, 3RD DRIVEN (NT:22)
12 GEAR, 4TH DRIVEN (NT:20)
13 WASHER, 1ST DRIVEN
14 BEARING, DRIVE SHAFT LH
15 BEARING, DRIVE SHAFT RH
16 SEAL, DRIVE SHAFT
17 CIRCLIP, 4TH DRIVEN
18 RETAINER, COUNTERSHAFT BRG
19 SCREW, COUNTER SHAFT
20 SPROCKET, ENGINE (NT:14)
21 PLATE, ENGINE SPROCKET
22 CHAIN ASSY, DRIVE (RK-428)
23 BOLT, ENGINE SPROCKET
24 PLATE, ROTARY STOP
25 WASHER, ROTARY WAVE
26 CIRCLIP



Dalam transmisi jenis ini ada roda gigi yang dapat bergeser (no.11 dan no.4). Roda gigi ini ikut berputar dengan porosnya.
Dan tidak dapat bergeser (no. 1,2,3,10,12 dan 9).Yang tidak dapat bergerak dibagi menjadi dua lagi;
yang ikut berputar dengan porosnya (no. 1, dan 9) dan yang tidak ikut berputar dengan porosnya.

Supaya roda gigi dapat meneruskan putaran dari poros input ke poros output, maka ketika bergeser dan menempel
pada roda gigi pasangan dibentuk sedemikian rupa suatu tonjolan dan lubang tempat tonjolan yang disebut dog-teeth dan dog-hole
supaya kedua roda gigi tersebut dapat berputar bersama-sama.
Cara kerja :

Netral



GIGI #1
Roda gigi no. 11 bergeser ke roda gigi no. 10



GIGI #2
Roda gigi no. 4 bergeser ke roda gigi no. 2



GIGI #3
Roda gigi no. 4 bergeser ke roda gigi no.3



GIGI #4
Roda gigi no. 11 ke no.12




Untuk menggerakan roda gigi maju dan mundur dibuat suatu sistem GEAR SHIFTING
Contoh milik shogun 125 sp






1 FORK, GEAR SHIFT NO.1
2 FORK, GEAR SHIFT NO.2
3 SHAFT, SHIFT FORK NO.1
4 SHAFT, SHIFT FORK NO.2
5 CAM, GEAR SHIFT
6 SPACER, GEAR SHIFT CAM
7 PLATE, GEAR SHIFT
8 STOPPER, SHIFT CAM PIN
9 SPACER, PIN STOPPER
10 PIN, CAM STOPPER (3X9.8)
11 BOLT, SHIFT CAM PIN
12 SCREW, GEAR SHIFT CAM
13 BEARING, GEAR SHIFT CAM
14 STOPPER, SHIFT CAM
15 SPRING. SHIFT CAM
16 BOLT, SHIFT CAM (6X14.3)
17 WASHER, SHIFT CAM
18 ARM, GEAR SHIFT
19 SPRING, SHIFT PAWL
20 SPRING, SHIFT ARM RETURN
21 SHAFT, GEAR SHIFT
22 STOPPER, SHIFT ARM
23 SPACER, SHIFT ARM (12X16X20)
24 SEAL, SHIFT SHAFT OIL
25 WASHER, SHIFT SHAFT
26 LEVER ASSY, GEAR SHIFT
27 BOLT, SHIFT LEVER
28 BASE ASSY, GEAR SHIFT
29 CONTACT, GEAR POSITION
30 O RING, GEAR SHIFT (D:2.5,ID:21.0)
31 SPRING, GEAR SHIFT
32 SCREW, GEAR SHIFT
Yang ini milik Kharisma









Semoga bermanfaat
MeUPhi is offline Reply With Quote

Tidak ada komentar: