Sabtu, 12 Juni 2010

Gearbox 8-Speed dari ZF buat BMW

Gearbox 8-Speed dari ZF buat BMW




BMW segera menyodorkan transmisi otomatis baru yang mempunyai delapan gigi percepatan (8-speed) yang dikembangkan oleh ZF. Gearbox ini nantinya akan dipasang pada sedan mewah BMW Seri-7. Menariknya, selain lebih efisien, harganya lebih murah dibanding dengan yang 6-speed. Malah performanya sebanding dengan kehebatan 7-speed dual clutch pada BMW M3 yang diperkenalkan tahun lalu.

Berbicara kepada Automotive News, Kepala Pengembangan BMW Klaus Draeger mengatakan bahwa pabrik mobil mewah di Jerman ini masih terfokus pada transmisi yang menganut sistem dual clutch untuk model-model berkapasitas mesin besar.

"Transmisi otomatis 8-speed yang dikembangkan oleh ZF dapat diadu dengan yang transmisi kopling ganda. Selain lebih ringan, lebih efisien, dan tentu menguntungkan di soal biaya," ujar Klaus. Ia juga menegaskan bahwa transmisi kopling ganda itu sudah mahal dan berat, dan hanya cocok pada mobil dengan mesin yang membujur dan gerak roda belakang.

Adapun transmisi 8-speed hasil pengembangan ZF ini dirancang buat mobil-mobil gerak roda belakang dan all wheel drive (AWD). Bahkan, itu cocok untuk beberapa model BMW dan Audi yang dilansir tahun ini. Dari hasil tes, transmisi ZF itu lebih irit 3 persen (bensin) dan 6 persen (diesel) dibanding dengan yang 6-speed.*

Tidak ada komentar: