Sabtu, 12 Juni 2010

Mesin TSI 1,4 Volkswagen Raih 3 Penghargaan

Mesin TSI 1,4 Volkswagen Raih 3 Penghargaan


Volkswagen AGVolkswagen AG
Mesin TSI 1,4 liter menerima penghargaan sebagai mesin bensin paling efisien saat ini.


Mesin TSI (twin stratified injection) 1,4 liter Volkswagen memperoleh terpilih sebagai “International Engine of the Year” di Stuttgart, Jerman. Di samping itu, mesin TSI juga dijuluki sebagai “Best Green Engine 2009” dan “Best Engine” untuk kategori 1,0 sampai 1,4 liter.

Pemilihan “International Engine of the Year” dilakukan oleh 65 jurnalis dari 32 negara. Penghargaan sebagai mesin terbaik langsung diterima oleh Dr Rüdiger Szengel, Kepala Pengembangan Mesin Diesel Volkswagen di Stuttgart, Jerman.

Saat menerima penghargaan tersebut, Dr Rüdiger Szengel mengatakan, “Teknologi TSI yang digunakan VW saat ini akan menjadi andalan mesin masa depan. Kombinasi kehebatannya, berkapasitas kecil, emisi gas buang rendah, dan irit konsumsi bahan bakar.

“Memenangkan penghargaan dalam tiga kategori merupakan kebanggaan dan kehormatan bagi tim pengembang kami. Mesin TSI akan menjadi trensetter. Sejauh ini, kami telah membuat hampir 2,3 unit mesin TSI di seluruh dunia,” tambah Szengel.

Teknologi TSI 1,4 liter juga sudah digunakan Volkswagen pada produknya yang dipasarkan dan dirakit di Indonesia, yaitu MPV Touran. ATPM Volkswagen di Indonesia menyebut Touran sebagai family sport car karena performanya bisa mencapai 200 km/jam.

Mesin TSI yang didukung oleh supercharger dan turbocharger tersedia dengan berbagai performa, yaitu 103 kW (140 PS), 110 kW (150 PS), 118 kW (160 PS), dan 125 kW (170 PS). Para juri yang memilih “International Engine of the Year” menyebutnya sebagai mesin bensin paling efisien saat ini.

”Volkswagen tidak hanya mempertahankan kemenangan, tetapi juga menambah kemenangan, yaitu 'Best Green Engine'. Kehebatannya, selain mantap dikebut, konsumsi bahan bakarnya juga irit. Hebatnya lagi bisa dibuat dalam satu paket,” tegas Dr Rüdiger Szengel.

Mesin TSI saat ini digunakan pada berbagai model oleh VW. Mesin bensin injeksi ini digunakan pada seluruh line-up Passat. Golf terbaru juga menggunakan mesin TSI Twincharger ini dengan tenaga 118kW/160PS, transmisi 7 percepatan dan dual clutch. Konsumsi bensin 6,0 liter per 100 km atau 16,6 km/liter.

Volkswagen telah memperbanyak aplikasi teknologi mesin TSI pada mobil yang diproduksinya dengan biaya lebih murah dan efektif, yaitu dengan menggunakan turbo satu tahap (single stage turbocharging). Mesin terakhir TSI, meski berkapasitas 1,2 liter, namun mampu menghasilkan tenaga 77 KW (105 PS) dan digunakan pada Polo edisi baru yang akan dipasarkan akhir tahun ini.

Mesin TSI 1,4 liter kebanggaan VW, dan digunakan pada MPV Touran yang baru saja diluncurkan di Indonesia, menyabet tiga penghargaan di Jerman.

Tidak ada komentar: